eprintid: 1451 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 33 dir: disk0/00/00/14/51 datestamp: 2021-04-30 03:01:14 lastmod: 2021-04-30 03:01:14 status_changed: 2021-04-30 03:01:14 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 71130137, FRANSISKUS X. R. SUMAMPOUW creators_id: raynald.shu@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: LUKITO, YUAN contributors_name: SAPUTRA, LAURENTIUS KUNCORO PROBO corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: BASIC GAME CONTROLLER MENGGUNAKAN ELECTROENCEPHALOGRAPHY ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: EEG, K-Nearest Neighbor, Neurosky Mindwave abstract: Basic Game Controller Menggunakan Electroencephalography Komputer membutuhkan perintah untuk dapat mengendalikan sebuah game. Salah satu bentuk kendali game yang mendasar adalah gerakan ke 4 arah yaitu; atas, bawah, kiri, dan kanan. Untuk mengontrol game dengan menggunakan gelombang otak, maka diperlukan konversi dari sinyal otak, menjadi perintah yang dijalankan komputer. Konversi dilakukan dengan mengklasifikasikan sinyal yang diterima dari alat sesuai dengan pola sinyal. Untuk mengklasifikasikan diperlukan data training terlebih dahulu. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengumpulan data dari orang-orang yang berbeda untuk mendapatkan mendapatkan hasil yang lebih universal agar kendali tersebut dapat diaplikasikan pada semua orang. Pengumpulan data dilakukan untuk membangun data latih dengan headset EEG Neurosky Mindwave. Data didapatkan dari 10 orang responden yang terdiri dari 5 lakiā€“laki dan 5 perempuan. Responden kemudian diminta untuk memfokuskan pikiran pada stimulus yang menampilkan 4 arah yang akan digunakan sebagai kendali. Setelah data didapatkan, kemudian data akan dicarikan cirinya dan diimplementasikan pada sistem. Implementasi yang dibuat menggunakan fitur Short time energy, Zero Cross Rate, Spectral Centroid, dan Spectral Flux. Klasifikasi menggunakan K-Nearest Neighbor. Nilai akurasi yang didapat adalah 28.32% untuk K = 1, dan 23.4% untuk K = 3. date: 2018-07 date_type: published pages: 72 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 71130137, FRANSISKUS X. R. SUMAMPOUW (2018) BASIC GAME CONTROLLER MENGGUNAKAN ELECTROENCEPHALOGRAPHY. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1451/1/71130137_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1451/2/71130137_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf