eprintid: 1422 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 34 dir: disk0/00/00/14/22 datestamp: 2021-04-28 02:37:44 lastmod: 2021-04-28 02:37:44 status_changed: 2021-04-28 02:37:44 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 71130073, AGUSTINUS HARYO KRIS P creators_id: agustinus.haryo@ti.ukdw.ac.id contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Restyandito, Restyandito contributors_name: Dhian, Ignatia corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PERANCANGAN DASHBOARD UNTUK MENINGKATKAN USABILITY APPSSMI UNTUK CUSTOMER SERVICE SEKOLAH MUSIK INDONESIA ispublished: pub subjects: QA75 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Dashboard, Usability Testing, Desain Antarmuka, User-centered Design abstract: Customer Service memiliki peranan penting di dalam sebuah perusahaan termasuk sekolah Musik Indonesia (SMI). Meskipun SMI telah menyediakan website appssmi, customer service masih perlu menggunakan Excel untuk menjalankan tugasnya. Hal ini terjadi karena appssmi belum mencukupi kebutuhan customer service serta appssmi sulit digunakan karena kurang efisien. Untuk meningkatkan usability appssmi untuk customer service, maka pada penelitian ini akan dibuat sebuah halaman dashboard yang mampu memenuhi kebutuhan Customer service. Untuk mengetahui peningkatan usability, pada penelitian akan dilakukan perbandingan antara sistem lama yang digunakan Customer service saat ini dengan desain dashboard. Metode yang digunakan adalah usability testing (time on task dan task success) dan kepuasan pengguna menggunakan SUS. Penelitian ini diujikan kepada 30 responden yang terdiri dari 2 kelompok, yaitu kelompok yang ahli dalam menggunakan komputer serta kelompok yang kurang ahli dalam menggunakan komputer. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan menggunakan dashboard kedua kelompok mampu menyelesaikan task yang diberikan dengan waktu yang lebih cepat dan persentase keberhasilan meningkat sebanyak 41%. date: 2018-07 date_type: published pages: 52 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 71130073, AGUSTINUS HARYO KRIS P (2018) PERANCANGAN DASHBOARD UNTUK MENINGKATKAN USABILITY APPSSMI UNTUK CUSTOMER SERVICE SEKOLAH MUSIK INDONESIA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1422/1/71130073_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1422/2/71130073_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf