eprintid: 1414 rev_number: 18 eprint_status: archive userid: 34 dir: disk0/00/00/14/14 datestamp: 2021-04-28 02:33:05 lastmod: 2021-04-28 02:33:05 status_changed: 2021-04-28 02:33:05 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 71130053, YOSHUA STEFAN creators_id: yoshua.stefan@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Mahastama, Aditya Wikan contributors_name: Dhian, Ignatia corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PENERAPAN METODE GOAL-DIRECTED DESIGN UNTUK PERANCANGAN WEBSITE INFORMASI REMPAH NUSANTARA ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Goal-Directed Design, User Experience Questionarre, Rempah. abstract: Digital Humanities merupakan salah satu bidang ilmu mengenai pengarsipan sejarah. Penulis melakukan penelitian visualisasi mengenai sejarah persebaran rempah di Indonesia dengan tujuan untuk melestarikan sejarah persebaran rempah di Indonesia dalam bentuk digital. Dengan adanya penelitian ini penulis dapat membantu masyarakat luas dalam mempelajari mengenai sejarah rempah di Indonesia serta turut melestarikan salah satu sejarah Indonesia sehingga tidak hilang dimakan usia. Dalam penelitian ini, penulis mengambil bagian dalam pengerjaan Front-End. Sistem ini dibangun menggunakan metode Goal-Directed Design. Terdapat 6 proses pada metode Goal-Directed Design yang dilakukan, yaitu Research, Modelling, Requirement, Framework Definition, Refinement, dan Development Support. Setelah proses Goal-Directed Design selesai, sistem yang dibuat diuji menggunakan dua soal yang berbeda tetapi dengan bobot yang sama, dan dengan menggunakan User Experience Questionarre (UEQ). UEQ menggunakan 6 skala dalam penilaiannya, yaitu Daya Tarik, Kejelasan, Efisiensi, Ketepatan, Stimulasi, dan Kebaruan. Berdasarkan hasil pengujian soal, setelah responden menggunakan sistem, responden SMP dan SMA mendapatkan peningkatan sebesar 26% rata-rata jawaban benar, serta peningkatan sebesar 25% rata-rata jawaban benar untuk responden mahasiswa. Berdasarkan pengujian menggunakan UEQ mendapatkan hasil yang diperoleh berupa 4 aspek yaitu Daya Tarik, Kejelasan, Ketepatan, dan Kebaruan menunjukkan hasil di atas rata-rata. Kemudian 2 aspek lainnya yaitu Efisiensi dan Stimulasi menunjukkan hasil bagus. date: 2018-07 date_type: published pages: 62 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 71130053, YOSHUA STEFAN (2018) PENERAPAN METODE GOAL-DIRECTED DESIGN UNTUK PERANCANGAN WEBSITE INFORMASI REMPAH NUSANTARA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1414/1/71130053_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1414/2/71130053_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf