%I Universitas Kristen Duta Wacana %X Pathfinding merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk menemukan rute antara dua titik. Ada beberapa algoritma pathfinding contohnya adalah algoritma A* dengan variasi seperti Iterative Deepening A*(IDA*) dan Jump Point Search (JPS). Dalam penelitian ini, penulis melakukan evaluasi terhadap performa algoritma IDA* dan algoritma JPS. Algoritma agen cerdas diimplementasikan pada permainan pacman dan pengambilan data dilakukan dengan mengukur visited node dan rute yang diambil. Berdasarkan analisis pada permainan, mendapatkan hasil kesimpulan bahwa kedua algoritma mempunyai tingkat optimal yang sama, tetapi JPS memiliki nilai hasil visited node lebih rendah dari IDA*, tetapi perbedaan hasil visited node tidak terlalu signifikan. %A ABEDNEGO KRISTIAWAN T 71110126 %L katalog1379 %D 2016 %T PENGEMBANGAN APLIKASI PERMAINAN PACMAN DENGAN MENERAPKAN ALGORITMA IDA* DAN JUMP POINT SEARCH %K IDA*, Jump Point Search, Analisis Algoritma, Permainan Pacman