TY - THES N2 - Pathfinding adalah merupakan upaya yang dilakukan oleh sebuah objek untuk menemukan rute dari titik dimana ia berada menuju ke sebuah titik lain. Terdapat beberapa algoritma yang berkaitan dengan ilmu pathfinding diantaranya ialah algoritma A* dan algoritma Partial Expansion A* (PEA*) yang merupakan pengembangan dari A* tersebut. Dalam penelitian ini, penulis melakukan evaluasi terhadap performa algoritma A* dan algoritma PEA*. PEA* diklaim mampu menghemat masalah kelebihan jumlah open node yang tidak dapat diatasi oleh A* dalam kasus percabangan yang besar. Algoritma agen cerdas diimplementasikan pada permainan pacman dan pengambilan data dilakukan dengan mengukur jumlah node dalam OPEN, visited node dan juga rute (path) yang diambil. Berdasarkan hasil analisis, didapatkanlah hasil dimana kedua algoritma memiliki path yang sama, akan tetapi justru PEA* memiliki jumlah open node (node dalam OPEN) dan visited node lebih banyak dari A*. Oleh karena itu, didapatlah kesimpulan bahwa algoritma PEA* tidak sesuai ketika diimplementasikan untuk kasus pathfinding pada game pacman. A1 - 71110101, GREGORIUS TITIS INDRAJAYA AV - restricted TI - IMPLEMENTASI ALGORITMA PEA* PADA PERMAINAN PAC-MAN Y1 - 2016/11// ID - katalog1376 M1 - skripsi UR - https://katalog.ukdw.ac.id/1376/ KW - A* KW - Partial Expansion A* (PEA*) KW - Analisis Algoritma KW - Permainan Pacman PB - Universitas Kristen Duta Wacana EP - 43 ER -