%I Universitas Kristen Duta Wacana %T PROFIL GANGGUAN KOGNITIF ANAK DENGAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN/HIPERAKTIVITAS (GPPH) %X Latar Belakang: Attention deficit hyperactive disorder (ADHD) atau gangguan pemusatan perhatian/hiperaktivitas (GPPH) merupakan satu di antara beberapa kondisi psikiatrik yang mungkin dialami anak usia pra sekolah dengan gejala inti seperti kurangnya perhatian, hiperaktif, dan impulsif. Tanpa penanganan yang tepat akan menyebabkan beberapa gangguan di beberapa aspek, salah satunya adalah gangguan daya ingat dan pikiran atau kognitifnya sehingga memberikan kesulitan untuk belajar serta kesulitan akademik. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kemampuan kognitif pada anak dengan GPPH. Metode dan Subjek: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif in depth interview. Diambil 5 orang sebagai partisipan dari orang tua siswa-siswi sekolah dasar di Kecamatan Depok yang diduga GPPH menggunakan kuesioner ACTRS, ACPRS, DSM-IV terlebih dahulu. Hasil: Sebagian besar partisipan tidak menyadari adanya gangguan kognitif atau kesulitan belajar pada anaknya yang diduga mengalami GPPH. Didapatkan bahwa seluruh subjek berdasarkan penjelasan partisipan mengalami kesulitan dalam hal mempertahankan perhatian dan sebagian besar subjek mengalami kesulitan pada masing-masing dari aspek orientasi, daya ingat, persepsi & registrasi, serta bahasa secara bervariasi. Kesimpulan: Gangguan kognitif yang terjadi bervariasi, namun terdapat salah satu aspek dominan yang terjadi pada anak dengan GPPH yaitu aspek atensi & konsentrasi. %K Attention deficit hyperactive disorder (ADHD), Gangguan pemusatan perhatian/hiperaktivitas (GPPH), Gangguan Kognitif, ACTRS, ACPRS, DSM-IV %D 2017 %A NUGRADHYANI JWALITA 41120007 %L katalog1351