eprintid: 1323 rev_number: 14 eprint_status: archive userid: 30 dir: disk0/00/00/13/23 datestamp: 2021-04-22 03:38:21 lastmod: 2021-04-22 03:38:21 status_changed: 2021-04-22 03:38:21 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 71110159, ROY ALDO SITUMORANG creators_id: roy.situmorang@ti.ukdw.ac.id contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nugraha, Kristian Adi contributors_name: Sebasian, Danny corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: PENERAPAN METODE GOAL-DIRECTED DESIGN DALAM PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS WEB ispublished: pub subjects: QA75 subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Aplikasi Pembelajaran, Metode Goal-Directed Design, User Interface, Usability Testing. abstract: Aplikasi pembelajaran merupakan alat/media pendukung pembelajaran. Dalam penelitian ini, dibangun suatu aplikasi pembelajaran grammar guna mendukung proses pembelajaran serta memudahkan atau membantu pengguna dalam mencapai tujuan. Dimana tujuan pengguna adalah dapat meningkatkan pemahaman topik pembelajaran grammar. Untuk merancang antarmuka pengguna, maka digunakan metode Goal-Directed Design. Terdapat enam tahapan dalam metode tersebut, yaitu research, modelling, requirements definition, framework definition, refinement, dan support. Berdasarkan hasil penelitian, aplikasi pembelajaran grammar yang telah dibangun dapat meningkatkan pemahaman siswa–siswi dalam mempelajari topik pembelajaran grammar, serta memberi kemudahan atau membantu bagi siswa-siswi dalam proses belajar yang lebih menarik dan bervariasi. Hal ini didasari dari hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi pembelajaran grammar yaitu sebesar 79% atau termasuk dalam kategori baik, serta nilai tingkat usabilitas pada aspek usefulness yaitu sebesar 84,64% atau termasuk kategori sangat baik, aspek ease of use sebesar 83,89% atau termasuk kategori sangat baik, aspek ease of learning sebesar 86,07% atau termasuk dalam kategori sangat baik, dan aspek satisfaction sebesar 84,69% atau termasuk dalam kategori sangat baik date: 2018-07 date_type: published pages: 57 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 71110159, ROY ALDO SITUMORANG (2018) PENERAPAN METODE GOAL-DIRECTED DESIGN DALAM PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS WEB. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1323/1/71110159_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1323/2/71110159_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf