TY - THES N2 - Aplikasi pembelajaran merupakan alat/media pendukung pembelajaran. Dalam penelitian ini, dibangun suatu aplikasi pembelajaran grammar guna mendukung proses pembelajaran serta memudahkan atau membantu pengguna dalam mencapai tujuan. Dimana tujuan pengguna adalah dapat meningkatkan pemahaman topik pembelajaran grammar. Untuk merancang antarmuka pengguna, maka digunakan metode Goal-Directed Design. Terdapat enam tahapan dalam metode tersebut, yaitu research, modelling, requirements definition, framework definition, refinement, dan support. Berdasarkan hasil penelitian, aplikasi pembelajaran grammar yang telah dibangun dapat meningkatkan pemahaman siswa?siswi dalam mempelajari topik pembelajaran grammar, serta memberi kemudahan atau membantu bagi siswa-siswi dalam proses belajar yang lebih menarik dan bervariasi. Hal ini didasari dari hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi pembelajaran grammar yaitu sebesar 79% atau termasuk dalam kategori baik, serta nilai tingkat usabilitas pada aspek usefulness yaitu sebesar 84,64% atau termasuk kategori sangat baik, aspek ease of use sebesar 83,89% atau termasuk kategori sangat baik, aspek ease of learning sebesar 86,07% atau termasuk dalam kategori sangat baik, dan aspek satisfaction sebesar 84,69% atau termasuk dalam kategori sangat baik AV - restricted A1 - 71110159, ROY ALDO SITUMORANG Y1 - 2018/07// ID - katalog1323 TI - PENERAPAN METODE GOAL-DIRECTED DESIGN DALAM PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS WEB UR - https://katalog.ukdw.ac.id/1323/ PB - Universitas Kristen Duta Wacana KW - Aplikasi Pembelajaran KW - Metode Goal-Directed Design KW - User Interface KW - Usability Testing. M1 - skripsi EP - 57 ER -