%0 Thesis %9 Bachelor %A 71130152, Pradana Aditya Ranggen %A Universitas Kristen Duta Wacana, %B Informatika %D 2018 %F katalog:1226 %I Universitas Kristen Duta Wacana %K Permainan, Kecerdasan Buatan, Algoritma Dijkstra %P 28 %T RANCANGAN PENERAPAN ALGORITMA DIJKSTRA DALAM PERMAINAN GOBAKSODOR %U https://katalog.ukdw.ac.id/1226/ %X Permainan Gobak Sodor merupakan permainan tradisional indonesia yang secara konsep memiliki kedekatan dengan permainan modern kususnya dengan jenis Tower Defese dan MOBA (Multi-Player Online Battle Arena) yang cukup populer untuk dimainakn. Sehingga mengembangkan/memodelkan permainan tradisional dirasa cukup menarik untuk dilakukan, Dalam penelitian ini akan dilakukan untuk memodelkan permainan Gobak Sodor kedalam sebuah program komputer, dimana dua buah entitas komputer yang merepresentasikan kelompok bertahan dan kelompok penyerang. Dengan masukan informasi berupa posisi masing masing kelompok yang direpresentasikan kedalam bentuk matrix dan basis pengetahuan berupa jarak antar masing-masing obyek tersebut yang dapat dicari dengan menggunakan algoritma Dijkstra, Setelah penelitian dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa Algoritma dijkstra dapat diimplementasikan dengan baik untuk mencari jalur terpendek untuk permainan Gobaksodor, namun tidak cukup baik untuk digunakan untuk mengambil keputusan dengan tujuan untuk menyelesaikan permainan karena hanya dengan mengandalkan jalur terpendek tidklah cukup untuk menyelesaikan permainan ini.