%T HUBUNGAN DYSMENORRHEA DENGAN AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWI FAKULTAS KEDOKTERAN UKDW %K dysmenorrhea, aktivitas belajar. %L katalog1196 %D 2016 %A YULIANA TRIWARDHANI 41120012 %X Latar Belakang : Dysmenorrhea merupakan nyeri perut hebat disertai kram yang terjadi saat menstruasi dan satu dari gejala ginekologik yang sering muncul saat menstruasi. Rasa sakit ini berbeda-beda pada setiap wanita atau waktu, juga ambang sakitnya. Dysmenorrhea dapat membawa pengaruh pada aktivitas seorang wanita termasuk aktivitas belajar. Tujuan Penelitian: mengetahui hubungan antara dysmenorrhea dengan aktivitas belajar mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta. Metode dan Subyek Penelitian : desain penelitian menggunakan metode cross sectional. total sampel dalam pemilihan ini 105 orang yang seluruhnya mengalami dysmenorrhea. Pemilihan sampel menggunakan metode simple random sampling pada mahasiswi FK UKDW Yogyakarta angkatan 2013-2015. Kesimpulan : Hasil uji korelasi Spearman dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara dysmenorrhea dengan aktivitas belajar mahasiswi. Koefisien korelasi spearman’s rho bertanda positif (0.341, A=0,05), hal ini menunjukan hubungan searah antara kedua variabel yakni apabila dysmenorrhea bertambah parah maka semakin tinggi pula gangguan aktivitas belajar yang akan dialami oleh mahasiswi. Kesimpulan : terdapat hubungan yang signifikan (p=0,341, A=0,05) antara dysmenorrhea dengan aktivitas belajar mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta. %I Universitas Kristen Duta Wacana