eprintid: 1164 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 22 dir: disk0/00/00/11/64 datestamp: 2020-03-23 04:00:43 lastmod: 2021-06-23 03:41:26 status_changed: 2020-03-23 04:00:43 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 72150061, Desy Anggreny Br Ginting creators_id: desygintings97@gmail.com contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: OSLAN, YETLI contributors_name: KRISTANTO, NJOO HARIANTO corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: SISTEM INFORMASI PELAYANAN KESEHATAN STUDI KASUS : PUSKESMAS NDOKUM SIROGA ispublished: pub subjects: QA76 subjects: RA divisions: sist_informasi full_text_status: restricted keywords: Pelayanan Kesehatan, Sistem Informasi Puskesmas, pieces, abstract: Puskesmas adalah unit pelaksana teknis (UPT) dari Dinas Kesehatan Kab/kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di satu atau sebagian wilayah kecamatan. Puskesmas merupakan lembaga yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tentu masyarakat sangat berharap mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu baik. Agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang demikian, puskesmas dituntut untuk meningkatkan kualitas kinerjanya. Salah satu cara meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat adalah dengan mengembangkan sistem informasi puskesmas. Puskesmas Desa Ndokum Siroga merupakan salah satu puskesmas yang terdapat di lingkungan kota Kabanjahe yang masih menggunakan sistem manual dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dengan banyaknya masyarakat yang berobat disana, masyarakat sering mengeluhkan pelayanan puskesmas yang tidak memuaskan seperti seringnya terjadi antrian baik itu saat pembayaran ataupun pengambilan obat. Disamping itu pihak manajemen puskesmas juga mengalami kendala dalam proses pembuatan laporan ataupun dalam pengolahan data pasien dan ini sangat berpengaruh terhadap kinerja pihak puskesmas. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan sebuah sistem informasi yang mampu memberikan informasi yang cepat kepada pasien dan masyarakat. Guna meningkatkan pelayanan dan peningkatan kinerja masing-masing unit yang saling berhubungan dan terintegrasi. Tugas akhir ini merupakan analisa dan perancangan sistem informasi puskesmas yang dibuat menggunakan metode analisa Pieces dan aplikasi menggunakan Microsoft Excel dengan bahasa pemrograman Visual Basic Application. Proses yang dirancang terdiri dari unit pendaftaran, tindakan keperawatan pasien, unit penunjang laboratorium, dan sistem pembayaran, masing-masing modul tersebut dapat saling terintegrasi secara data dalam sebuah sistem informasi Puskesmas date: 2019-11-30 date_type: published pages: 46 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Sistem Informasi thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 72150061, Desy Anggreny Br Ginting (2019) SISTEM INFORMASI PELAYANAN KESEHATAN STUDI KASUS : PUSKESMAS NDOKUM SIROGA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1164/1/72150061_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1164/2/72150061_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf