eprintid: 1119 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 22 dir: disk0/00/00/11/19 datestamp: 2020-01-28 03:04:26 lastmod: 2021-06-23 01:41:27 status_changed: 2020-01-28 03:04:26 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: repository@staff.ukdw.ac.id creators_name: 71150076, Joao Pires Da Cruz X creators_id: joao.pires@ti.ukdw.ac.id contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: VIRGINIA, GLORIA contributors_name: SANTOSA, R GUNAWAN corp_creators: Universitas Kristen Duta Wacana title: REPRESENTASI PENGETAHUAN UNTUK PERMAINAN TRADISIONAL INDONESIA BERBASIS SEMANTIC WEB ispublished: pub subjects: GV subjects: QA76 divisions: tek_informatika full_text_status: restricted keywords: Permainan Tradisional Indonesia, Semantic Web, WSDM abstract: Permainan tradisional mempunyai makna sesuatu (permainan) yang dilakukan dengan berpegang teguh pada norma dan adat kebiasaan yang ada secara turun-temurun dan dapat memberikan rasa puas atau senang bagi si pelaku. Informasi dan proses pencarian tentang permainan tradisional Indonesia pada era ini cukup sulit sehingga perlu adanya suatu sistem yang dapat merepresentasikan pengetahuan tentang permainan tradisional Indonesia. Salah satunya adalah semantic web yang merupakan suatu sistem yang dapat membantu proses pencarian informasi berbasis web. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan semantic web dengan Web Semantics Design Method (WSDM) yang terdiri dari 5 tahap yaitu Mission Statement Specification, Audience Modeling, Conceptual Modeling, Implementation Design dan Implementation. Pada tahap ekstraksi yang merupakan bagian dari Conceptual Modeling, dengan menggunakan literatur yang ada, peneliti membuat ulang suatu kalimat yang mengandung subjek, predikat dan objek yang selanjutnya subjek dan objek tersebut akan didefinisikan menjadi suatu class. Selanjutnya dibentuk T-box yang akan diterjemahkan ke description logic. Dan akhirnya pada tahap implementasi design dilakukan desain pada web untuk memudahkan proses pencarian mengenai permainan tradisional Indonesia. Hasil dan kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu metode WSDM (Web Semantic Design Method) dapat diterapkan dalam menampilkan pengetahuan permainan tradisional Indonesia, dan pegetahuan tentang permainan tradisional Indonesia dapat diterapkan dalam semantic web berbasis OWL. date: 2019-11-30 date_type: published pages: 75 institution: Universitas Kristen Duta Wacana department: Informatika thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: 71150076, Joao Pires Da Cruz X (2019) REPRESENTASI PENGETAHUAN UNTUK PERMAINAN TRADISIONAL INDONESIA BERBASIS SEMANTIC WEB. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana. document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1119/1/71150076_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf document_url: https://katalog.ukdw.ac.id/1119/2/71150076_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf